Tulisan TOU2 Minggu 2

Cara menghilangkan cegukan adalah pertanyaan yang sering muncul ketika kita mengalami cegukan. Saya akui memang cegukan kadang bisa sangat menjengkelkan jika terjadi dalam waktu yang cukup lama.
Cegukan secara medis dikenal sebagai sinkron diafragma bergetar (SDF) atau singultus. Hal ini terjadi ketika terjadi kontrak pada diafragma. Pada saat yang sama larynx dan glotis menutup dan menghalangi aliran udara.
Biasanya cegukan memiliki irama. Bisa dikatakan cegukan hanyalah gangguan kecil yang terjadi dalam waktu yang singkat. Akan tetapi cegukan dengan jangka waktu yang lama adalah salah satu sinyal dengan masalah kesehatan.
 
Apa yang menyebabkan cegukan?

Secara umum tidak ada penyebab jelas yang dapat menyebabkan cegukan. Akan tetapi ada beberapa penyebab cegukan yang diketahui secara umum. Penyebabnya adalah sebagai berikut:

  • Mengkonsumsi makanan dengan cepat dan menelan udara bersama dengan makanan
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas dan berlemak.
  • Mengkonsumsi terlalu banyak minuman bersoda, berkarbonasi dan beralkohol
  • Penyakit yang dapat mengiritasi saraf yang mengontrol diafragma. Seperti penyakit hati, peradangan pada paru-paru dan gangguan paru-paru lainnya.
  • Apabila anda pernah menjalani operasi perut. Ada kemungkinan hal ini dapat menyebabkan iritasi pada saraf yang mengendalikan diafragma.

Pada umumnya cegukan hanya berlangsung sekitar 1 atau 2 jam. Setelah itu cegukan dapat menghilang dengan sendirinya. Tetapi jika kita ingin menghilangkan cegukan lebih cepat.

Kita dapat mencoba pengobatan yang bisa di lakukan di rumah. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan cegukan yang bisa menjadi solusi Anda :

  1. Meminum Air. Dengan meminum air secara berulang-ulang akan menghilangkan cegukan, karena air dapat melancarkan proses pernafasan beserta diafragmanya.
  2. Makan. Salah satu cara menghilangkan cegukan adalah dengan memakan 1 sendok gula. Jika 1 sendok gula tidak berpengaruh pada cegukan Anda, maka makanlah 3 sendok gula. Makanan lain yang dapat membantu untuk meredakan cegukan adalah melahap roti secepat mungkin. Selain itu mengkonsumsi makanan yang memiliki zat lengket sebanyak mungkin seperti selai kacang dan madu dapat meredakan cegukan.
  3. Mengatur Pernapasan. Cobalah untuk menarik nafas sedalam mungkin dan kemudian menahannya selama mungkin. Jika tidak berhasil, cobalah untuk menghembuskan semua nafas dan menahan nafas Anda selama mungkin. Bila masih tidak berhasil, tiuplah balon berulang-ulang. Jika masih belum berhasil juga cobalah untuk tertawa terbahak-bahak.
  4. Mengalihkan perhatian adalah salah satu cara menghilangkan cegukan yang efektif. Contohnya seperti dengan menggenggam tangan Anda dengan kuat sehingga menimbulkan rasa sakit, lalu fokus pada rasa sakit pada tangan Anda.
  5. Terkejut. Orang yang terkejut akan mengalami perhatian yang teralih dan merubah siklus pernafasannya.
  6. Mengatur Posisi Tubuh. Tidur dengan posisi berbaring dan menekuk kedua kaki kearah perut. Lakukan teknik ini secara berulang-ulang sampai cegukan hilang.
  7. Memijat. Pijatlah bagian langit-langit mulut atau tenggorokan Anda secara perlahan kearah depan dan belakang dengan menggunakan jari atau cotton bud.

Cegukan terjadi ketika diafragma kita tanpa sadar menghirup udara ke dalam paru-paru dan tenggorokan yang dengan cepat menutup saluran pernafasan. ketika hal itu terjadi, cegukan dapat terjadi secara berulang-ulang.
Segala jenis cara menghilangkan cegukan selalu mencakup teori dasar yang sama. Yaitu merubah pola pernafasan, hal ini akan menghentikan cegukan yang terjadi. Pada kenyataannya, cegukan pasti sangat menjengkelkan jika terjadi dalam waktu yang lama.

Sumber : http://www.proviantaudio.com/2014/02/cara-menghilangkan-cegukan.html
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s