Cara merawat dan jenis-jenis denim

Celana berbahan denim sekarang sudah banyak yang menggunakan nya, bukan hanya celana baju,kemeja, dan rok pun banyak yang berbahan denim. Dipakai bukan lagi untuk orang dewasa saja dari anak remaja, ibu-ibu, bapak-bapak bahkan anak kecil dan masih bayi pun terkadang sudah memakai pakaian yang berbahan denim. Untuk itu saya akan memberikan tips Cara Merawat dan Mengenali berbagai Jenis Denim.

Fading adalah perubahan warna denim atau jeans pada titik-titik tertentu yang seiring dengan pemakaian. Fading dapat terlihat kontras jika pemakai dapat menggunakan serta merawat jeansnya dengan baik dan teratur. Fading ini sendiri merupakan seni dan kepuasan dari Denim atau Jeans itu sendiri.

Raw/Dry denim adalah bahan denim yang belum mendapatkan post-treatment, dalam hal ini yaitu denim yang baru selesai dibuat langsung dijual. Hal yang dapat dilihat untuk membedakan bahan raw dengan yg tidak adalah bahan raw cenderung keras dan warnanya lebih gelap. Biasanya setiap vendor jeans akan memberikan info lebih lanjut mengenai raw atau tidaknya produk mereka.Uniknya raw/dry denim adalah memudarnya warna dyenya seiring dengan frekuensi pemakain. Dan efek pemudaran natural inilah yang menjadi daya tarik bagi para denim afficianado. Lain dengan denim yg prewashed dimana efek memudarnya telah dibuat secara artificial dengan mesin2 dan bahan2 kimia, raw denim akan membentuk efek pemudarannya sesuai dengan bentuk tubuh dan aktivitas si pemakai. Untuk memfasilitasi proses ini, biasanya raw denim jarang dicuci (pada umumnya setelah 6 bulan pemakaian effektif baru dicuci).

Berikut cara mencuci dan mengeringkan denim agar dapat mendapatkan hasil fading yang maksimal.

Cara Mencuci
Hal dasar dalam mencuci pakaian yang berwarna adalah jangan menggunakan deterjen dengan pemutih /bleach. Oleh karena itu carilah deterjen tanpa pemutih. Atau jika anda memiliki uang lebih, cobalah juga beberapa produk deterjen dan sabun dari Samurai jeans dan Momotaro.
Setelah mendapat deterjen yang cocok, kita lanjut ke bagaiman cara mencuci yang baik. Jika mencuci menggunakan mesin cuci, sebaiknya tidak menggunakan putaran yang terlalu kencang, hal ini bisa berpengaruh terhadap rajutan.
Umumnya ada 2 aliran cuci mencuci yang dianut.
Yang pertama adalah aliran dingin dimana kita gunakan air dingin untuk mencuci. Biasanya dipakai oleh orang yang ingin mencuci jeansnya tapi tidak ingin indigo yang lepas banyak, biasanya menggunakan suhu air 40 derajat atau kurang.
Yang kedua adalah aliran panas, dimana biasanya dipakai ketika ingin mendapatkan fading yang semakin kontras karena indigo loss yang lebih banyak. Suhu air yang digunakan di atas 40 derajat sampai 60. Biasa juga dipakai untuk merendem jeans untuk mendapatkan penyusutan maksimum.

Mengeringkan Denim
Cara paling ampuh untuk mengeringkan denim adalah meminta bantuan alam, yaitu dengan tenaga matahari yang tidak terlalu terik. Selain dengan menjemur, mengeringkan jeans juga bisa dengan tumble dryer. Namun usahakan agar panas yang dihasilkan oleh dryer tidak ekstrim karena panas yang terlalu ekstrim dapat menambah penyusutan pada denim anda. Setrika yang kelewat panas dapat merusak bahan jeans anda, selain itu crease, honeycombs, dan whiskers yang sudah dibentuk bisa jadi hilang selamanya! Sangat berbahaya bagi yang mengincar hasil fading yang mantap.

Sumber : http://www.etjalogic.com/cara-membuat-celana-fading/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s