Kuliner Jawa Barat

Saya lahir kental dengan darah Jawa Barat, khusus nya bapak orang Cirebon. Setiap pulang kampung pasti mampir makan-makan khas Cirebon yang enakkkkkk parah. Nih berikut 2 dari sekian banyak favorit makanan khas Cirebon.

Empal Gentong

Kalo disana Empal Gentong Mang Darma ini terkenal banget enak nya, Empal Gentong Mang Darma sudah cukup terkenal di telinga penikmat wisata kuliner di kota Cirebon. Terkenal dengan nama empal gentong karena memakai bahan dasar empal atau daging dengan sedikit lemak dan dimasak menggunakan gentong atau kuali besar selama 10 jam. Mang Darma sudah merintis usahanya sejak tahun 1948, tak heran kelezatan empal gentongnya sudah menyebar kemana-mana.

1

Walaupun namanya empal gentong, sebenarnya masakan ini lebih mirip dengan masakan gulai atau soto daging. Untuk isiannya pengunjung bisa memilih daging atau jeroan seperti limpa, paru, hati, usus, dan babat. Setelah itu daging yang dipilih dipotong kecil-kecil dan disiram dengan kuah panas , lalu ditaburi dengan bawang goreng dan daun bawang. Biasanya disajikan dengan nasi putih atau lontong, tinggal tergantung selera pengunjung. Untuk pelengkapnya biasanya disediakan kerupuk rambak atau derokdok yang akan menambah nikmat rasa Empal gentong.

Nasi Lengko Hj Barno

nasi lengko2

Satu lagi jenis nasi yang digemari masyarakat Cirebon, yaitu nasi lengko. Yang paling terkenal adalah milik H. Barno di jalan Pagongan sejak tahun 1968. Warung Nasi Lengko milik H. Barno ini tak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

Nasi Lengko cenderung lebih mirip dengan nasi pecel, berisi irisan timun kecil-kecil, taoge, daun bawang, irisan tempe, dan tahu, kemudian disiram dengan bumbu kacang pedas serta taburan bawang goreng yang menambah nikmat rasanya. Menu pendamping yang cocok dengan Nasi Lengko ini adalah sate kambing bumbu kacang.

Semua makanan disini masih dimasak menggunakan kayu bakar dan arang, sehingga kualitas rasanya selalu terjaga. Tak ada salahnya jika Anda mencoba mampir makan siang di Nasi Lengko H. Barno saat mengunjungi kota Cirebon.

Sumber : http://wisatakuliner.com/kuliner/tempat-makan/category/cirebon.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s