Tugas 3_Etika dan Profesionalisme TSI

 

BAB  I

PROFILE PERUSAHAAN

Latar Belakang Perusahaan

detikcom ialah sebuah portal web yang berisi berita dan artikel daring di Indonesia. detikcom merupakan salah satu situs berita terpopuler di Indonesia. Berbeda dari situs-situs berita berbahasa Indonesia lainnya, detikcom hanya mempunyai edisi daring dan menggantungkan pendapatan dari bidang iklan. Meskipun begitu, detikcom merupakan yang terdepan dalam hal berita-berita baru (breaking news). Sejak tanggal 3 Agustus 2011, detikcom menjadi bagian dari PT Trans Corporation, salah satu anak perusahaan CT Corp.

Server detikcom sebenarnya sudah siap diakses pada 30 Mei 1998, namun mulai daring dengan sajian lengkap pada 9 Juli 1998. Tanggal 9 Juli itu akhirnya ditetapkan sebagai hari lahir detikcom yang didirikan Budiono Darsono (eks wartawan DeTik), Yayan Sopyan (eks wartawan DeTik), Abdul Rahman (mantan wartawan Tempo), dan Didi Nugrahadi. Semula peliputan utama detikcom terfokus pada berita politik, ekonomi, dan teknologi informasi. Baru setelah situasi politik mulai reda dan ekonomi mulai membaik, detikcom memutuskan untuk juga melampirkan berita hiburan, dan olahraga.

Dari situlah kemudian tercetus keinginan membentuk detikcom yang update-nya tidak lagi menggunakan karakteristik media cetak yang harian, mingguan, bulanan. Yang dijual detikcom adalah breaking news. Dengan bertumpu pada vivid description macam ini detikcom melesat sebagai situs informasi digital paling populer di kalangan users internet.

Perusahaan ini berkedudukan di Jakarta Selatan  :

Alamat Redaksi :        Aldevco Octagon Building – Lantai 2 Jl. Warung Buncit Raya No.75 Jakarta Selatan 12740

Telp                 :           (021) 794.1177 (Hunting)

Fax                  :           (021) 794.4472

Email               :           redaksi@staff.detik.com

  • Bidang Kegiatan

Lingkup pelayanan jasa konsultansi yang ditangani antara lain:

  • detikNews (news.detik.com) Berisi informasi berita politik-peristiwa
  • detikFinance (finance.detik.com) Memuat berita ekonomi dan keuangan
  • detikFood (food.detik.com) Informasi tentang resep makanan dan kuliner
  • detikHot (hot.detik.com) Berisi info gosip artis/selebriti dan infotainment
  • detiki-Net (inet.detik.com) Memuat informasi teknologi informasi
  • detikSport (sport.detik.com) Berisi info olahraga termasuk sepakbola
  • detikHealth (health.detik.com) Memuat info dan artikel kesehatan
  • detikTV (tv.detik.com) Memuat info mengenai berisi berita video (tv berita) (sekarang menjadi CNN Indonesia)
  • detikFoto (foto.detik.com) Yang memuat berita Foto
  • detikOto (oto.detik.com) Memuat informasi mengenai otomotif
  • detikTravel (travel.detik.com) Memuat informasi tentang liburan dan pariwisata
  • detikSurabaya (surabaya.detik.com) Info Surabaya dan Provinsi Jawa Timur
  • detikBandung (bandung.detik.com) Informasi tentang Bandung dan Provinsi Jawa Barat
  • detikforum (forum.detik.com) Tempat diskusi online antar komunitas pengguna Detikcom
  • blogdetik (blog.detik.com) Tempat pengakses mengisi info atau artikel, foto, video di halaman blog pribadi
  • wolipop (wolipop.detik.com) Berisi informasi tentang wanita dan gaya hidup
  • TanyaSaja (tanyasaja.detik.com) Tempat para pengakses bertanya jawab mengenai hal apa pun
  • DetikMap (map.detik.com) Semacam alat/tool untuk melihat Peta lokasi
  • IklanBaris (iklanbaris.detik.com) Berisi Iklan yang langsung diisi konsumen
  • MyTRANS (www.mytrans.com) Live Streaming Trans TV dan Trans7, serta video program-program acara Trans TV dan Trans7
  • Harian Detik (harian.detik.com) Berisi berita dalam bentuk koran digital yang diterbitkan 2x sehari pada pukul 06:00 WIB & 16:00 WIB (untuk edisi akhir pekan terbit 1x sehari pada pukul 06:00 WIB). Sejak 22 Juli 2013, Harian Detik dihentikan penerbitannya.
  • Organisasi Perusahaan

Secara organisasi, detik.com dipimpin oleh seorang Direktur, sedangkan untuk divisi lain dibantu dan di Pimpin oleh Kepala Bagian sesuai dengan bidang kegiatan yang dikelolanya.

  • Rekanan

Perusahaan kami detik.com mempunyai pengalaman yang luas di bidang jurnalistik.

  • Pengalaman Kerja

Dari segi usia detik.com masih tergolong muda, namun sejak awal kehadirannya telah banyak mendapatkan kepercayaan dari masyarakat umum, khususnya pada berita-berita yang disajikan pada detik.com

BAB II

PENDAHULUAN

2.1. Latar Belakang

Semakin berkembangnya teknologi internet proses pencarian informasi menjadi lebih mudah didapatkan. Banyak keuntungan dari internet yang dapat kita peroleh, salah satunya pencarian berita pada detik.com,

Semakin banyaknya angka kelulusan dari universitas yang ada di indonesia menyebabkan bertambahnya angka pengangguran,pola pencarian lapangan pekerjaan yang kurang efektif menyebabkan jumlah calon pekerja yang terjaring lebih sedikit. Dengan pemanfaatan media internet diharapkan pencarian calon pekerja bisa di lakukan secara lebih efektif.

Detik.com adalah perusahaan yang bergerak di bidang jurnalistik dan menjadi salah satu website penyedia berita yang paling up to date di indonesia, namun sangat disayangkan karena detik.com belum menyediakan LOKER (Lowongan Kerja) padahal menurut kami feature LOKER sangat dibutuhkan bagi banyak orang. Maka kami mengulkan detik.com untuk membuat menu LOKER pada situs detik.com

2.2 Maksud dan Tujuan

Tujuan utama pekerjaan ini adalah membantu Calon pekerja / calon karyawan. dalam melaksanakan proyek, khususnya menyangkut Pekerjaan Perencanaan Teknis .

2.3. Lingkup Pekerjaan

Adapun lingkup pekerjaan yang ditangani adalah membuat menu tampilan LOKER, Ada kriteria penanganan, yaitu  : – Pembangunan Tampilan dan pengisian data.

2.4.  Standar Teknis

Standar teknis dan spesifikasi yang digunakan untuk pekerjaan adalah untuk sesuai dengan yang sudah di sepakati.

2.5.  Nama Pekerjaan

Pembuatan Feature Loker pada Detik.com

2.6. Pemilik Pekerjaan

Programmer

BAB III

METODOLOGI PELAKSANAAN PEKERJAAN

3.1. METODE SDLC

Plaining
Plaining (perencanaan) adalah feasibility dan wawancara , observasi, Quesener. Jika pada tahap Feasibility hasilnya baik maka langsung ketahap investigasi dan diberi form kepada client untuk mencatat kebutuhan client.  Dalam sistem investigasi, dapat berupa wawancara, kuosiener atau observation. Dalam tahap ini hal yang pertama dilakukan adalah memberikan form ke user yang digunakan untuk mengetahui permintaan user.

Analisa

  1. Analisa Teknologi.Menganalisis teknologi apa yang digunakan pemilik desain Web seperti  menggunakan desain grafis maka memerlukan teknologi seperti Adobe Photoshop, Macromedia Flash, Dreamweaver. Memerlukan data penyimpanan secara informasi produk, Informasi Berita digunakan database seeprti Mysql, MSAccess.
  2. Analisa informasi.Mengenai informasi data yang akan menjadi data tetap dan data dinamis, kategori informasi data tetap adalah : profile perusahaan, visi dan misi, sejarah perusahaan, latar belakang perusahaan. Informasi dinamis adalah informasi yang selalu berubah dalam setiap periodik dapat setiap hari atau setiap jam. Informasi dinamis dalam sistem ini adalah :
  3. Informasi persediaan ( stock ) produk
  4. Informasi Harga Produk dan diskon
  5. Informasi Artikel, tips dan trik
  6. Informasi dari masing keunggulan Produk atau produk yang sedang trend
  1. Analisa User.Mengkatogorikan user yang digunakan dalam sistem informasi Web. User yang sudah memahami dan yang belum memahami.
  2. Analisa Biaya dan Resiko.Dalam tahap ini diperhitungkan biaya yang akan dikeluarkan seperti biaya maintenance ( membayar domain ke ISP) atau biaya kirim ke user. Resiko yang terjadi adalah tidak sampainya produk ke user atau penipuan dari user.

Dalam tahap analisa menggunakan metoda prototype yang akan dilakukan iterasi oleh user, dan penggunaan dokumen disetiap iterasi untuk memudahkan dalam pengembangan kemajuan yang telah dilakukan oleh user. Prototype adalah proses membangun sebuah sistem dalam sebuah model. Dalam pengertian sistem informasi prototype digunakan untuk membantu sistem desain yang akan dibangun sistem informasi secara intitusi dan mudah diubah untuk end user, prototype merupakan bagian dari proses iterative phase analisa dari metodologi SDLC.

Keuntungan dari Prototipe

  1. Mengurangi waktu dalam pengembangan sistem
  2. Mengurangi dan efisiensi dalam biaya.
  3. Kebutuhan user akan dipenuhi disini, karena dengan proses iterasi semua kebutuhan user akan diketahui semua dengan adanya feedback dari user.
  4. Dengan adanya feedback dari user, secara iterasi kebutuhan akan kedepannya dapat direncanakan, selain itu user dan developer dapat mengetahui project secara jelas dan tepat.

 

Kekurangan dari Prototipe
Hasil analisa tidak detail karena hanya mengenai pembahasan yang sedang difokuskan dengan user. Tidak ketahap selanjutnya.

  1. Pengembang menjadi berfokuskan pada prototype yang telah dibuat.
  2. Pengembangan sistem dapat menjadi lama dalam penyelesainnya
  3. User akan terlalu mengharapkan sistem yang sama yang ada di prototype

Desain

  1. Desain Informasi.Dalam tahap ini dimodelkan informasi link dari setiap halaman, jika dalam sistem tersebut terdapat database maka digunakan tahap development dan database disain.
  2. Desain Grafis.Dalam tahap ini disesuaikan dari warna, layout, gambar dan graphic.
  3. DatabaseApplication
  4. Model Development Database Design PHP Library Development.Tahap ini untuk memodelkan seluruh peruses yang ada,seperti peruses penyimpanan data,update artikel, dan menampilkan data dari database.

Implementasi
a. Penulisan Program dan Instalasi. Merupakan tahap penulisan program yang telah dianalisis dan diesain semua maka perogeram yang digunakan adalah PHP dan database yang digunakan MySql

  1. Desain Review.Dalam tahap ini tidak hanya menguji desain yang digunakan namun menguji semua sistem yang telah diterapkan seperti tidak ada lokasi lingk, image yang salah, pengujian sistem seperti penyimpanan data, update artikel dan lain-lain.
  2. Pemilihan Sumber daya Hardware dan Software.

Dalam tahap ini software dan hardware digunakan untuk Web server.

d.Pengujian Web dan Dokumen Web. 

Menguji Web dengan berbagai teknologi browser yang ada, serta pemeriksaan dokumen Web. Dan dalam memeriksa documen terdapat beberapa hal yang diperhatikan :

  1. Akurasi atau ketepatan dokumen
  2. Authority Web, document yang telah diterbitkan dalam web
  3. Objective informasi
  4. Currency, keterangan perubahan dan update link mengenai tanggal dan informasi.

KESIMPULAN
Pengembangan metodologi ini menganalisa sistem informasi Web secara umum, domain dengan kasus tertentu dapat disesuaikan dibagian analisa. Dengan metodologi SDLC ini diharapkan akan membangun user –user baru yang akan selalu melihat Web site, dengan selalu mengupdate informasi dan tampilan desain yang dibuat dengan baik dan cepat dalam menjalankan Web site.

BAB IV

RENCANA PELAKSANAAN PEKERJAAN

Untuk mencapai apa yang terjadi maksud dan tujuan proyek seperti yang diuraikan didepan, maka perlu dipersiapkan hal-hal sebagai berikut  :

  1. Organisasi dan manajemen Tim Perencana
  2. Tahap pelaksana pekerjaan
  3. Kebutuhan dan jadwal penugasan personil.
  4. Tugas dan tanggung jawab personil.
  5. Jadwal rencana kerja pelaksanan pekerjaan.
  6. Dukungan perangkat keras dan lunak.

 

  1. Tahap Persiapan

Pada tahap ini akan dilaksanakan pekerjaan  :

2. Persiapan Administrasi

Meliputi pembuatan surat perintah kerja, pembuatan kontrak pekerjaan dan surat-surat lain diperlukan dalam pelaksanaan perencanaan

3. Persiapan Teknis

Meliputi persiapan peralatan yang akan digunakan, formulir-formulir dan data-data yang diperlukan.

4. Tahap Perencanaan

dengan menggunakan metode SDLC

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s